Tips Umroh Pertama Kali

Pagi di Mekkah

Lama sudah rasanya blog tempat bermain saya ini sepi. Memang sejak awal november tahun lalu, saya jarang sekali berbagi cerita disini. Banyak waktu saya tercurah untuk menemani kakak laki-laki yang sedang diuji sama Tuhan melalui penyakit stroke. Kondisi ini makin komplek karena sang istri juga sedang hamil tua. Saya selalu berusaha ada disamping mereka. Menemaninya terapi, operasi, konsultasi ke dokter dan menocoba menjadi teraphist dirumah ketika jadwal terapi di rumah sakit sedang libur. Saya tak ingin, dia merasa unfunction dalam keluarganya. Kalau itu sampai terjadi, strokenya akan semakin parah.

Terapi Stroke

Nyaris sejak awal november itu juga, semua pekerjaan yang harus jauh dari rumah terpaksa saya tolak.  Tapi alhamdulillah Gusti Allah ora sare. Sekarang dia sudah kembali beraktifitas kembali. Walaupun belum sempurna, setidaknya sudah bisa jalan walau masih agak pincang. Sang istri juga sudah melahirkan bayi laki-laki yang gemuk dan ganteng. Lambat laun semuanya kembali normal lagi. Dan berita menggembirakan diakhir episode “puasa jalan” saya ini adalah Tuhan menghadiahi saya dengan perjalanan yang sungguh saya rindukan, umroh. Saya begitu terharu atas hadiah dari Gusti Allah ini.

Saya percaya bahwa perjalanan umroh itu “panggilan”. Belum tentu orang dengan uang melimpah bisa sampai kesana kalau belum dapat panggilan dari gusti Allah.  

Nah, pengalaman pertama kali umroh 3 tahun lalu itu bikin saya lumayan deg-degan. Pasalnya, sering dengar dari teman kalau kita bakal dapat balasan atas apa yang sudah kita lakukan di tanah air. Nah, langsung terbayang dah dosa-dosa apa saja yang pernah kita lakukan. Langsung terbuka kembali aib-aib apa yang kita sembunyikan. Tapi, alhamdulillah waktu manasik dari travel agen-nya, saya dapat saran yang menenangkan.

Peci dan Noken di Mekkah

Intinya ikhlas sama perbanyak amal ibadah, memohon semua dilancarkan. Dan alhamdulillah lagi bisa sampai tanah air dengan selamat sentosa.  
Nah ini sedikit tips dari saya supaya perjalanan umroh kalian nantinya lancar? 

  1. Waktu, perhatikan waktu yang akan kalian pilih untuk umroh. Karena masing-masing orang punya kondisi tubuh yang berbeda-beda. Seperti saya gak terlalu kuat dengan kondisi dingin, tapi gak kuat juga kepanasan ha ha, aneh ya. Biasanya saya milih waktu antara akhir februari sampai awal april. Di Arab saudi sedang pergantian musim dari dingin ke panas. Jadi dah gak terlalu dingin dan belum kepanasan juga.
  2. Travel Agent, ini penting sekali karena sekarang banyak sekali modus iming-iming umroh murah, tapi hasilnya gagal berangkat seperti kasus-kasus kemarin. Pilihlah travel agen yang kredibel. Atau berdasarkan pengalaman orang dekat atau keluarga. Bertanyalah kebanyak sumber, setelah riset selesai pilihlah sesuai hati. Jangan lupa istikaroh supaya mendapat petunjuk dari Gusti Allah. Saya kemarin memakai jada travel dari zamzam wisata, alhamdulillah lancar dan bermakna perjalanan umrohnya. Banyak sekali fasilitas menarik yang saya dapatkan. Seperti kuota umroh cuma-cuma dari telkomsel sebesar 5gb, Fast track alias gak perlu antri di imigrasi, ground handling yang memuaskan. Jadi berangkat dan pulang tinggal duduk manis, tau-tau bagasinya dianterin. Enak kan. Nah Zamzam Wisata ini sedang bekerja sama dengan Scoot, Maskapai Low cost dari Singapura menjual paket Umroh dengan harga terjangkau. Silahkan langsung di cek ke webnya Zamzam Wisata.
  3. Persiapan diri, umroh ini butuh mental dan tenaga yang banyak, Juga kondisi badan ya prima. Nah persiapkan diri kita untuk itu. Latihan kecil-kecilan seperti jogging tiap pagi sebulan sebelum perjalanan umroh sangat membantu sekali. Karena banyak sekali aktifitas yang akan kita ikuti serangkaian dengan perjalnan umroh ini. Jadi kondisi tubuh harus fit. Jangan lupa tidur tepat waktu, biar kondisi tubuh terjaga.
  4. Barang bawaan, usahakan kalian buat list barang bawaan sebelum melakukan packing. Jadi pas packing kita sambil checklist barang yang sudah masuk koper. Dengan ini alhamdulillah saya selalu lancar pas packing, gak waswas akan ketinggalan barang. Tips penting jangan penuhi koper kalian, karena balik dari Umroh pasti banyak bawa barang tambahan buat oleh-oleh keluarga di tanah air. Ini penting karena space bagasi dari pesawat kita terbatas. Oh ya obat-obatan pribadi dan multivitamin sangat saya sarankan untuk menjaga kondisi tubuh disana. Karena perbedaan kelembaban kadang membuat kita drop juga.
  5. Cabin bagage. Bawa barang-barang yang akan kalian perlukan dicabin. Seperti satu stel baju ganti, sajadah, alat mandi, power bank, kamera, obat-obatan pribadi dan beberapa itrm pribadi lainnya di tas kabin saja. Selain gampang diakses, buat jaga-jaga dari berbagai kemungkinan terburuk bagasi kita ada masalah dan datang telat gak barengan kita.
  6. Bawa uang secukupnya saja, karena disana kita juga bisa narik dari atm. Pengalaman saya narik pakai atm BCA kena biaya admin 25 ribu. Dan kurs dari bank biasanya juga sama aj dengan money changer bahkan kadang lebih bagus. Jadi bawalah cash secukupnya saja, buat jaga-jaga saja. Dan kalau mau belanja-belanja juga sekarang banyak yang bisa gesel kartu debit.
  7. Ikhlas, setelah semuanya dipersiapkan, sekarang tinggal ikhlas dan berdoa saja. Semoga penerbangan dan perjalanan ibadahnya lancar. Beneran deh ketika kita ikhlas, semua akan dilancarkan. Setidaknya begitu sih pengalaman saya 2 kali Umroh kemarin.

Nah itu tadi tips persiapan umroh berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga membantu buat kalian yang akan menjalankan ibadah umroh untuk pertama kalinya.

Gundul Setelah Umroh

Alhamdulillah semuanya sekarang sudah berjalan lancar kembali. Semoga semuanya akan kembali baik. Saya sudah sangat rindu terpapar panas matahari dan debu jalanan lagi. Cerita perjalanan umroh kemarin akan segera saya tulis disini, terbersit harap, semoga kalian yang baca tulisan ini disegerakan juga mendapat undangan dari gusti Allah dan menikmati sajianNya di tanah suci, Amin

Sumber artikel : lostpacker.com